Kelompok Bikhsu Berusaha Melarang Muslimah Memakai Kerudung di Burma

Konferensi Kelompok biksu Ma Ba Tha

Konferensi Kelompok biksu Ma Ba Tha

Sebuah kelompok biksu yang berpengaruh di Myanmar mengusulkan untuk melarang para siswi Muslim mengenakan kerudung, yang merupakan tanda ketegangan agama terbaru di negeri itu.

Organisasi Perlindungan Ras dan Agama, yakni sebuah kelompok biarawan yang secara lokal dikenal dengan singkatan Ma Ba Tha, mengatakan kerudung “tidak sesuai dengan disiplin sekolah.”

Dalam daftar rekomendasi yang dirilis pada Minggu malam, Ma Ba Tha mengatakan kepada para anggotanya untuk melobi pemerintah agar memberikan pembatasan lebih lanjut pada negara tersebut dimana kaum Muslimnya sudah terkepung, yang merujuk pada pemakaian jilbab  atau burqa.

“Kami akan menuntut secara serius kepada pemerintah untuk melarang para siswi Muslim untuk mengenakan burqa di sekolah-sekolah pemerintah dan melarang pembunuhan ‘hewan yang tak berdosa’ untuk hari raya mereka,” katanya, yang mengacu pada praktek-praktek budaya Muslim dimana kelompok nasionalis Buddha menganggapnya berlawanan dengan budaya negara dengan mayoritas Burma.

Kelompok biarawan itu merupakan  garda depan gerakan nasionalis yang mengancam membayangi kemenangan yang diperoleh oleh kelompok reformis Burma, dimana banyak pengamat menunjukkan bahwa mereka memiliki dukungan dari faksi anti-reformasi pada elit penguasa.

David Mathieson, seorang peneliti senior di Burma untuk Human Rights Watch, mengatakan: “Ma Ba Tha telah menjadi kekuatan politik tidak bertanggung jawab dan arogan yang berdasarkan pada pandangan agama dan sosial ekstremis.” (The Guardian, 22/6/2015)

from Hizbut Tahrir Indonesia http://ift.tt/1Hd0pHQ
via IFTTT

Posted on June 24, 2015, in Hizbut Tahrir Indonesia and tagged , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: