‘Roket Gajah’ Membunuh Puluhan Orang di Pinggiran Damaskus

roket gajah serang doumaPemerintah Suriah telah menggunakan apa yang dinamakan sebagai ‘roket gajah’ dalam serangan di Douma, pinggiran Damaskus, sehingga menewaskan sedikitnya 36 orang, termasuk anak-anak, menurut para aktivis.

Roket gajah adalah roket yang telah dimodifikasi yang digunakan oleh pasukan pemerintah, yang telah dikecam oleh masyarakat internasional karena menggunakan bom barel dan senjata kimia terhadap warga sipil.

Roket itu dinamakan demikian karena suara khasnya saat diluncurkan, dimana senjata hasil improvisasi itu dibuat dengan menempelkan motor roket ke bom yang jauh lebih besar – suatu proses yang meningkatkan kekuatan destruktif sementara sangat mengurangi tingkat akurasinya dengan jangkauan yang terbatas.

Menlu  AS, John Kerry, mengatakan dia telah membahas penggunaan senjata kimia bersama Sergei Lavrov, Menteri Luar Negeri Rusia, melalui telepon dan yakin Lavrov akan mengangkat masalah ini dengan Assad, yang setuju pada tahun 2013 di bawah kesepakatan yang ditengahi AS-Rusia untuk membongkar gudang senjata kimia di negara itu.

Dia mengatakan senjata kimia dijatuhkan dari pesawat dan AS sedang mengumpulkan data untuk mendukung klaimnya bahwa pemerintah Assad bertanggung jawab atas serangan tersebut.

Meskipun klorin bukan zat terlarang, penggunaannya sebagai senjata kimia dilarang di bawah Konvensi Senjata Kimia tahun 1977 dimana Suriah ikut serta pada tahun 2013. (aljazeera, 17/6/2015)

from Hizbut Tahrir Indonesia http://ift.tt/1Fo7Xjp
via IFTTT

Posted on June 18, 2015, in Hizbut Tahrir Indonesia and tagged , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: