‘Israel Dalang Konflik Islam-Kristen di Mesir’

'Israel Dalang Konflik Islam-Kristen di Mesir'

REPUBLIKA.CO.ID, Wakil Perdana Menteri Mesir dalam kabinet sementara, Yahia el-Gamal, menuduh Israel berada di balik alias dalang ketegangan sektarian, yakni konflik antara Muslim dan Kristen, yang terjadi belakangan ini di Mesir pascarevolusi penggulingan Presiden Hosni Mubarak.

Dalam sebuah wawancara yang diterbitkan Senin (13/6) di situs berita Lebanon El Nashra, El-Gamal mengatakan bahwa badan-badan intelijen internasional, khususnya AS dan Israel, tidak mau meninggalkan Mesir sendiri. Dia juga tidak mengesampingkan kemungkinan AS membantu Israel untuk melaksanakan rencana di Mesir.

“Israel mengerti bahwa Mesir yang kuat adalah bahaya bagi mereka dan mereka ingin membuat Mesir yang lemah,” kata El-Gamal. “Dan tidak ada istirahat atau melemahkan Mesir lebih dari ketegangan sektarian atau bentrokan antara Muslim dan Kristen,” sambungnya lagi.

El-Gamal menambahkan bahwa Muslim dan Kristen di Mesir bukan merupakan dua sekte, melainkan warga satu negara yang tidak memiliki perbedaan. Namun, ia mengingatkan bahwa ada “pikiran fanatik” di kedua sisi yang dapat dimanipulasi untuk melakukan hal-hal yang mereka tidak mengerti.

Mesir, lanjut dia, baru-baru ini menyadari akan pentingnya peran di beberapa wilayah Arab dan Afrika, sebuah fakta yang diabaikan mantan rezim selama dua dekade terakhir.

Redaktur: Djibril Muhammad
Sumber: Ahram/www.abna.ir

Posted on June 13, 2011, in Berita Terbaru, Luar Negeri, politik. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: