Krisis politik Mesir picu kenaikan harga minyak

 

 

 

 

 

 

 

 

JAKARTA: Harga kontrak berjangka minyak untuk pengiriman Februari naik sebesar US$1,47 barel menjadi US$90,8 per barel pada perdagangan pukul 07:16 WIB hari ini di New York Mercantile Exchange.

Dengan demikian harga minyak naik untuk hari ketiga setelah krisis politik di Mesir meningkatkan kekhawatiran bahwa unjuk rasa yang dilakukan rakyat akan menganggu produksi dan distribusi minyak di kawasan Timur Tengah.

Kenaikan harga juga terjadi untuk kontrak pengiriman barang Maret, April, Mei, dan Juni masing-masing sebesar US$1,15 per barel menjadi US$92,81 per barel, US$0,95 per barel menjadi US$94,35 per barel, dan US$0,79 per barel menjadi US$95,43 per barel.

Sementara itu, harga minyak untuk pengiriman Juli naik senilai US$0,71 per barel menjadi US$96,28 per barel, untuk pengiriman Agustus naik US%$0,31 per barel menjadi US$96,5 per barel, dan untuk pengiriman September menjadi US$97,14 per barel setelah naik senilai US$0,52 per barel.

Kontrak minyak untuk pengiriman November juga meningkat sebesar US$0,33 per barel menjadi US$98 per barel. Sementara itu, harga minyak mentah untuk pengiriman bulan lain, tidak mengalami perubahan sejak 28 Januari 2010.

Seperti dikutip Bloomberg, Menteri Energi Amerika Serikat Steven Chu melalui konferensi jarak jauh mengatakan harga kontrak berjangka naik sebesar 4,3% sejak 28 Januari 2011, kenaikan tertinggi sejak September 2008.

Kenaikan harga itu terjadi setelah terjadi bentrokan antara aparat militer dan demonstran di Mesir yang menuntut Presiden Mesir Hosni Mubarak mundur dari jabatannya yang telah berlangsung selama 30 tahun.

Steven Chu menilai gangguan pasokan minyak di Timur Tengah akan meningkatkan harga. Senada dengan Chu, Ben Westmore, ekonom mineral dan energi National Australia Bank Ltd berbasis di Melbourne, mengatakan masalah di Mesir akan berdampak pada harga komoditas dan pasar keuangan. (esu)

sumber : http://www.bisnis.com/market/komoditas/10371-krisis-politik-mesir-picu-kenaikan-harga-minyak

Posted on January 31, 2011, in Berita Terbaru, Luar Negeri, mesir, politik and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: