Jet-jet Tempur Mesir Awasi Demonstran

KAIRO, KOMPAS.com — Sejumlah helikopter dan jet tempur Angkatan Udara Mesir terbang rendah di Kairo, Minggu (30/1/2011) malam, di atas para demonstran yang memadati pusat kota. Truk-truk pasukan tambahan juga terlihat di Lapangan Tahrir, tempat pemrotes memusatkan diri untuk menuntut diakhirinya kekuasaan Presiden Hosni Mubarak.

Seorang saksi melihat sedikitnya tiga jet terbang di atas Lapangan Tahrir. Jet-jet tempur itu terbang di Kairo beberapa kali. Sedikitnya 12 truk pasukan dan tank tambahan juga bergerak ke arah lapangan tersebut, sementara pemrotes semakin banyak berkumpul untuk membangkang jam malam. Tank-tank ditempatkan di lapangan tersebut sejak Jumat ketika pasukan militer dikirim ke jalan untuk melakukan pengamanan setelah demonstrasi dan kerusuhan anti-pemerintah selama beberapa hari.

“Pesawat-pesawat itu berada di sana untuk menakut-nakuti warga. Jam malam sudah mulai berlaku dan tidak ada orang yang pulang,” kata seorang insinyur berusia 45 tahun yang melakukan protes di Lapangan Tahrir. “Jelas bagi saya bahwa militer berada di sini untuk melindungi Mubarak,” katanya.

Pada pagi hari Presiden Mubarak bertemu dengan Wakil Presiden yang baru diangkat Omar Suleiman, Menteri Pertahanan Mohamed Hussein Tantawi, Kepala Staf Sami al-Anan, dan panglima-panglima lain di markas besar militer. Menteri Pertahanan terlihat di televisi pemerintah meninjau satuan-satuan militer di luar gedung penyiaran pemerintah itu.

Kerumunan massa yang terus bertahan hingga malam diperkirakan mencapai puluhan ribu orang. Tokoh yang dipercaya kelompok oposisi, Mohamed ElBaradai, sempat berbaur dengan para pemrotes dan menyatakan dukungannya untuk melanjutkan perjuangan mengakhiri rezim yang otoriter. Dalam pidatonya, ElBaradei mengatakan, perjuangan sudah dimulai dan tidak mungkin ditarik kembali. Ia meminta rakyat Mesir bersabar untuk perubahan dalam beberapa hari lagi. ElBaradei ditunjuk sejumlah kelompok oposisi untuk melakukan negosiasi dengan Pemerintah Hosni Mubarak.

sumber : http://internasional.kompas.com/read/2011/01/31/04490532/Jetjet.Tempur.Mesir.Awasi.Demonstran-7

Posted on January 31, 2011, in Berita Terbaru, Luar Negeri and tagged . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: