AS: Mesir Perlu Penyelesaian Damai Menuju Demokrasi

foto:AFP

Jakarta – Pemerintah Amerika Serikat (AS) menyatakan, situasi yang terjadi di Mesir membutuhkan penyelesaian yang damai menuju demokrasi yang sebenarnya. Ini diperlukan untuk menghidari perubahan yang mendadak serta adanya kekerasan yang dapat merusak aspirasi masyarakat Mesir.

Demikian disampaikan Sekretaris Negara, Hillary Clinton seperti dikutip detikcom dari CNN Senin (31/1/11).

“Dan, dengan sangat jelas, meningkatnya kekacauan atau bahkan kekerasan di jalanan, pembobolan penjara, yang sudah kami dengar laporannya, bukanlah cara menuju ke sana (demokrasi),” ujar Sekretaris Negara Amerika Serikat, Hillary Clinton.

Clinton menambahkan AS juga ingin agar aspirasi rakyat Mesir yang menuntut haknya juga didengar dan direspon oleh pemerintah Mesir. Dialog nasional juga diperlukan selanjutnya untuk menuju ke perubahan yang diinginkan rakyat Mesir.

“Kami ingin melihat bahwa gerakan damai yang dilakukan oleh rakyat Mesir untuk menuntut haknya juga direspon secara jelas oleh pemerintah. Lalu kemudian diperlukan proses dialog nasional yang mengarah pada perubahan yang rakyat Mesir cari dan layak mereka dapatkan,” imbuh mantan ibu negara Amerika Serikat ini.

Ia juga mengakui bahwa AS memang mempunyai hubungan yang baik dengan Presiden Mesir Hosni Mubarak. Ini dibuktikan dengan eratnya hubungan antar dua negara ini selama kepemimpinan Mubarak. Menurutnya hubungan AS dengan Mesir selama ini cukup penting dalam menjaga perdamaian di timur tengah.

“(Mesir) telah menjadi mitra kerja AS selama 30 tahun, dan telah berperan penting dalam menjaga perdamaian di timur tengah, antara Mesir dan Israel. Hal itu merupakan prestasi penting yang sangat berarti bagi  banyak orang,” kata Clinton.

Sikap pemerintah AS sendiri dikritik oleh tokoh oposisi Mesir, Mohamed ElBaradei. Ia menilai AS hanya terlalu banya bicara tentang demokrasi.”Rakyat ingin anda (AS) tidak hanya bicara tapi juga bertindak. Dan rakyat juga ingin anda serius dalam memperjuangkan demokrasi, kebebasan serta penegakan hukum secara serius,” ungkap ElBaradei.

Rakyat Mesir kini masih turun ke jalan menyuarakan aspirasinya. Mereka menuntut Presiden Hosni Mubarak untuk mundur dari jabatannya. Rakyat Mesir menilai, Mubarak telah menjalankan pemerintahan secara otoriter dan koruptif serta gagal memperbaiki kondisi perekonomian negara yang terkenal dengan piramidanya itu.
(adi/van)

sumber : http://www.detiknews.com/read/2011/01/31/071047/1556759/10/as-mesir-perlu-penyelesaian-damai-menuju-demokrasi

Posted on January 31, 2011, in Berita Terbaru, Luar Negeri, mesir, politik and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: