Menkeu: Konflik Korea Pengaruhnya Sementara Buat RI

Menteri Keuangan Agus Martowardojo
 

JAKARTA – Menteri Keuangan Agus Martowardojo yakin jika konflik yang terjadi di Semenanjung Korea antara Korea Selatan (Korsel) dan Korea Utara (Korut) tidak akan terlalu mempengaruhi fundamental perekonomian dalam negeri.

Jika pun mempengaruhi perekonomian Indonesia, maka sifatnya hanya sementara dan ekonomi Indonesia akan kembali stabil dalam waktu dekat.

“Korea kita prihatin, tapi kita sudah tahu karena Korea sebetulnya selama bertahun-tahun statusnya gencatan senjata. Jadi kalau sampai terjadi ada perselisihan antara Korut dan Korsel kita dapat pahami karena belum selesai. Tapi sebagai negara berkembang, Itu tentu bisa pengaruh kalau perang itu terusan, tapi kami berkeyakinan meski ada pengaruh itu sifatnya sementara. Untuk Indonesia kita akan kembali stabil,” jelasnya saat ditemui di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (24/11/2010).

Tak dapat dipungkiri, penyerangan yang dilakukan Korut terhadap Korsel menimbulkan kekawatiran akan adanya pengaruh pada perekonomian. Ditakutkan akan ada krisis yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi di asia, ditambah adanya kebijakan China.

Agus pun mengelak jika akibat konflik tersebut akan mempengaruhi pertumbuhan dikawasan Asia Tenggaran dan Asia Timur. Menurutnya, kedua kawasan tersebut ditambah Amerika Latin saat ini telah menjadi sumber pertumbuhan global dana akan terus tumbuh kedepannya.

“Kami enggak sependapat dengan itu karena Asia Tenggara itu sebetulnya sumber pertumbuhan global sekarang ini. Asia timur dan Amerika
latin. Jadi saya berkeyakinanan bahwa Asia Timur kedepan masih akan terus tumbuh, Amerika Latin terus tumbuh. Tapi daerah yang perlu konsolidasi adalah daerah Eropa dan Amerika,” tandasnya.

Sebelumnya Bank Indonesia (BI) mewaspadai kemungkinan terburuk yang bisa menimpa perekonomian Indonesia akibat konflik yang tersulut di semenanjung Korea antara Korea Selatan (Korsel) dan Korea Utara (Korut).

Namun, Deputi Gubernur BI Budi Mulya tidak mau terburu-buru menyatakan kekhawatirannya akan konflik tersebut dan BI akan terus memantau perkembangan yang terjadi.

“Apa yang terjadi di Korea Selatan tentu ada dampak terhadap negara-negara lain termasuk Indonesia. Apa yang tejadi negatif di global tentu akan ada pengaruhnya, tetapi akan seperti apa akibatnya tentu kita lihat saja nanti seperti apa,” ujar Budi Mulya.

Sebagaimana diketahui, kondisi ekonomi global akhir-akhir ini dipengaruhi situasi politik yang tidak stabil di Irlandia dan konflik di semenanjung Korea sehingga berhasil menekan harga sejumlah komoditi, serta euro karena para investor berbalik dari berisiko aset.

Uni Eropa mendesak Irlandia untuk menerapkan penghematan anggaran seperti yang dijanjikan negara tersebut kepada Uni Eropa dan IMF. Ini sebagai langkah politik untuk menyelematan perekonomian negara tersebut. Hasilnya, euro merana di posisi terendahnya dalam dua bulan ini. Ancaman pelemahan juga tampaknya masih akan berlanjut.

Sementara Korea Selatan memperingkatkan Korea Utara akan melakukan pembalasan besar-besaran jika mengambil langkah lebih agresif setelah Pyongyang digempur habis-habisan oleh Korea Utara. Serangan ini merupakan serangan terhebat sejak Perang Korea berakhir pada tahun 1953.

Pasar saham AS mengalami pelemahan akibat investor melakukan aksi jual akibat ketegangan di semenanjung Korea dan sebagai dan kekhawatiran utang di Zona Euro.(adn)(rhs)

sumber : http://economy.okezone.com/read/2010/11/24/20/396682/menkeu-konflik-korea-pengaruhnya-sementara-buat-ri

Posted on November 24, 2010, in politik and tagged , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: