Kerap Gunakan Facebook Tingkatkan Kecerdasan

Facebook ( foto: lifeinthenhs.wordpress.com)

Sebuah hasil penelitian mengenai penggunaan situs jejaring sosial Facebook cukup menyentak dan layak diketahu. Hasil penelitian itu disampaikan oleh seorang doktor bidang psikologi di Skotlandia. Dia meneliti  aktivitas digital dan online yang kerap dilakukan seseorang dalam kaitannya dengan tingkat kecerdasan.

Dr. Tracey Alloway, seorang ahli psikologi yang berasal dari University of Stirling di Skotlandia, seperti disampaikan oleh The Telegraph, menarik sebuah kesimpulan bahwa menyediakan waktu untuk selalu update di Facebook, juga bermain game perang-perangan atau permainan seperti Sudoku, bisa meningkatkan apa yang disebut “working memory” seseorang. Dan kebalikannya, pesan singkat microblogging di Twitter dan menyaksikan berbagai video di YouTube justru bisa memperlemah working memory tersebut.

Working memory merupakan kemampuan untuk mengingat berbagai informasi yang masuk ke otak dan juga menggunakan ingatan itu. Working memory ini diyakini punya peranan yang sangat besar dalam hal kesuksesan dan kebahagiaan seseorang dibandingkan dengan IQ.

Permainan game komputer yang memerlukan perencanaan dan strategi, seperti seri game Total War, diyakini bisa melatih working memory. “Saya bukan bilang bahwa bermain game seperti itu bagus untuk kemampuan bersosialisasi lho, tapi yang pasti bahwa permainan seperti itu menggunakan working memory,” kata Alloway.

Sementera itu peneliti dari Kanada menemukan bahwa postingan di situs media sosial seperti facebook dapat memicu peningkatan rasa cemburu antara individu-individu yang memiliki hubungan romantis.

Para psikolog sosial dari University of Guelph di Kanada menanyai  para mahasiswa yang terlibat hubungan romantis terkait penggunaan Facebook mereka.

Temuan awal mereka, sebagaimana tergambar dalam jurnal CyberPsychology & Behavior, menyatakan bahwa bukannya meningkatkan komunikasi antara mitra romantis, penggunaan Facebook dapat meningkatkan investigasi kecemburuan, saat pengguna yang sedang berhubungan memandang isyarat akan ketidaksetiaan potensial dan kemudian berupaya untuk menemukan bukti pikiran dan perilaku serong mitranya.

Tanpa kecuali, akhirnya mereka merasa lebih cemburu. Dan ke mana hal ini menuju? Untuk beberapa peserta penelitian, penyelidikan ini membawa pada perilaku pencarian yang mereka gambarkan sebagai “kecanduan”. Dan penderitaan akibat kecemburuan yang memuncak, kata peneliti, tidak baik bagi hubungan mereka.

Meski penelitian itu dilakukan pada mahasiswa, peneliti menduga bahwa Facebook kemungkinan menyebabkan dinamika yang sama pada hubungan orang dewasa. Tentu saja, mereka mencatat, diperlukan penelitian lebih lanjut.

Tim peneliti bertanggung jawab akan penelitian terbaru itu yang sebelumnya menemukan bahwa kebutuhan popularitas para remaja membuat mereka mengungkapkan informasi pribadi lebih jauh di Facebook daripada yang mereka ungkapkan pada berbagai kontak sosial umumnya.

Tidak dapat dipungkiri saat ini Facebook benar-benar fenomenal. Bagaimana tidak, setiap harinya pengguna Facebook menghabiskan rata-rata 30 menit untuk mengunjungi situs jejaring sosial tersebut untuk saling berkirim komentar dengan teman-temannya sesama anggota. Menurut penelitian yang dilakukan di Inggris, pola mengakses Facebook tersebut hampir sama antara lewat ponsel maupun lewat komputer.

Penelitian dilakukan dengan cara melacak akses ke Facebook oleh pelanggan ponsel di Inggris. Dan, ditemukan hasil, situs jaringan sosial tersebut menduduki peringkat teratas diukur dari lamanya waktu browsing. Pengguna ponsel mengakses Facebook rata-rata 24 menit perhari, hampir sama dengan pengguna yang mengakses lewat komputer, rata-rata 27,5 menit setiap harinya.

Dilihat dari intensitasnya, pengguna ponsel mengakses situs ini rata-rata 3,3 kali per hari, lebih banyak dibanding yang menggunakan komputer sebanyak 2,3 kali. Penelitian juga menemukan, sebagian besar pengguna ponsel yang gemar mengakses Facebook adalah kaum pria berusia 18-24 tahun. Mereka ini menghabiskan rata-rata 27 menit mengunjungi Facebook.

Studi ini dilakukan oleh badan industri ponsel, GSM Association. Tujuannya adalah memberikan wawasan dalam kebiasaan surfing pengguna ponsel untuk mendorong periklanan. Studi juga menemukan situs yang paling banyak dikunjungi oleh pengguna ponsel adalah portal dari operator jaringan ponsel.

“Hal itu tidak mengherankan, karena homepage secara umum disetting di ponsel Anda,” kata direktur pemasaran GSM Association, Michael O’Hara. Adapun Google, adalah situs yang paling banyak dikunjungi selain situs portal jaringan operator ponsel. (f10/vc3)

sumber : viruscerdas.com

Posted on May 18, 2010, in iseng, Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: