Media Dilarang Liput Pertemuan Obama-Netanyahu

Washington – Di tengah ketegangan AS-Israel soal pembangunan pemukiman Yahudi di Yerusalem, Presiden AS Barack Obama dan Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu melakukan pertemuan.

Pertemuan di Gedung Putih itu berlangsung sehari setelah Netanyahu menyampaikan sikapnya mengenai penolakan atas desakan AS untuk menghentikan pembangunan pemukiman Yahudi.

Tidak jelas apa hasil pertemuan Obama-Netanyahu itu. Sebab media dilarang meliput pertemuan Obama dan Netanyahu di Oval Office tersebut. Kedua pemimpin itu juga tidak menyampaikan statemen publik setelah pembicaraan yang berlangsung sekitar 90 menit.

Demikian seperti diberitakan Reuters, Rabu (24/3/2010).

“Presiden Obama dan PM bertemu secara pribadi selama satu setengah jam, atmosfir pertemuan bagus,” kata juru bicara Netanyahu, Nir Chefetz beberapa jam setelah pertemuan Obama-Netanyahu.

Sebelum pertemuan dengan Obama, Netanyahu sempat mengingatkan AS bahwa penghentian pemukiman Yahudi bisa menunda pembicaraan damai Israel-Palestina hingga setahun.

Dalam lawatannya ke Washington, Netanyahu juga telah melakukan pertemuan dengan figur-figur penting parlemen AS. “Meski tantangannya besar, kemitraan kita juga besar,” kata Netanyahu saat bertemu Ketua DPR Nancy Pelosi dan Pimpinan Minoritas DPR Republikan John Boehner.

Boehner menyampaikan kegembiraannya atas kedatangan pemimpin negeri Yahudi itu.

“Kami tak punya sekutu yang lebih kuat di dunia selain Israel dan kita semua tahu bahwa kita berada dalam saat sulit tapi saya senang PM ada di sini… sehingga kita bisa melakukan dialog terbuka dan jujur mengenai bagaimana kita bisa memberikan keamanan lebih bagi teman-teman kita di Israel dan melakukan segenap kemampuan kita untuk memastikan bahwa Iran tak punya kemampuan untuk mengembangkan senjata nuklir,” tandas Boehner.
(ita/nrl)

sumber : detik.com

Posted on March 24, 2010, in Berita Terbaru, Luar Negeri, politik and tagged , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: