Komodo Terancam Tersingkir dari 7 Keajaiban Dunia

KUPANG–Biawak raksasa Komodo (varanus commodoensis) yang merupakan penghuni Taman Nasional Komodo di ujung barat Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT), semakin terancam dari persaingan untuk memperebutkan posisi sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia.

Kepala Bidang Promosi Pariwisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi NTT, Ulbadus Gogi di Kupang, Rabu (24/3), mengakui posisi Komodo saat ini dalam acaman serius untuk menjadi salah satu dari tujuh keajaiban dunia. “Posisi Komodo sekarang berada pada anak tangga ke-14. Ini sebuah ancaman serius jika kita tidak dukung secara nyata melalui vote Komodo lewat jaringan internet,” katanya.

Dia mengatakan sejak diumumkan pada 21 Juli 2009 oleh New7 Wonders Foundation, Komodo masuk sebagai salah satu finalis dari 28 finalis yang berhak melanjutkan ke tahap final. Untuk masuk babak final, Pulau Komodo menyisihkan kurang lebih 440 nominasi dari 220 negara. Pemerintah terus melakukan sosialisasi untuk meminta dukungan.

Permintaan dukungan ini tidak hanya kepada rakyat NTT, tetapi juga kepada seluruh masyarakat Indonesia. Pasalnya, bila binatang purba itu tercantup dalam tujuh keajaiban dunia tidak hanya memberi dampak bagi masyarakat di provinsi kepulauan itu tetapi untuk Indonesia secara keseluruhan. Artinya, efeknya tidak hanya dirasakan oleh pemerintah dan rakyat NTT tetapi seluruh masyarakat Indonesia.

Masyarakat Indonesia juga pasti merasa bangga karena ada salah satu tempat pariwisata di Indonesia yang bisa ikut bersaing di dunia internasional dan masuk dalam nominasi, katanya. Karena itu, pemerintah dan rakyat di provinsi kepulauan itu mengajak seluruh rakyat di negeri ini untuk bersama-sama memberikan dukungan agar Komodo bisa terpilih dan menjadi salah satu dari tujuh keajaiban dunia.

“Kita masih memiliki cukup waktu tetapi dukungan tidak bisa hanya dari masyarakat NTT. Seluruh masyarakat Indonesia harus memberikan dukungan penuh,” katanya. Tanpa dukungan dari seluruh elemen masyarakat Indonesia, harapan untuk menjadikan Komodo sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia bakal hanya tinggal harapan.

sumber : republika.co.id

Posted on March 24, 2010, in Dalam Negeri, Pengetahuan and tagged , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: