Israel akan Gantikan Agen Mossad yang Diusir Inggris

republika.co.id – JERUSALEM–Israel akan menggantikan seorang perwira Mossad yang diusir Inggris karena dituduh memalsukan paspor-paspor Inggris yang digunakan dalam pembunuhan seorang pemimpin penting Hamas, kata radio publik, Rabu. Inggris, Selasa mengumumkan bahwa ia dinyatakan sebagai diplomat yang tidak dinginkan kehadirannya setelah dalam penyelidikan terbukti warga Israel itu mencuri identitas 12 warga Inggris untuk membuat paspor palsu.

Radio publik dan media Israel lainnya mengatakan diplomat itu adakah seorang perwira badan mata-mata Mossad dan akan “segera” digantikan oleh perwira intelijen lainnya. Menteri Luar Negeri Israel Avigdor Liberman mengatakan ia “sangat kecewa” akan pengusiran itu, tetapi seorang pejabat senior mengatakan negara Yahudi itu tidak akan membalas tindakan tersebut.

Menteri Luar Negeri Inggris David Millband mengatakan ada “alasan-alasan yang mendorong” untuk dipercaya bahwa Israel berada dibelakang identitas-identitas yang dipalsukan oleh tim yang membunuh Mahmud al Mabhuh di Dubai Januari lalu. “Saya minta agar seorang anggota kedutaan besar Israel ditarik dari Inggris sebagai akibat masalah ini dan ini dilakukan,” katanya dalam sidang parlemen.

Orang itu diperkirakan kepala perwakilan badan rahasia Israel di London, kata surat-surat kabar itu. Pembunuhan Mabhuh dituduh dilakukan Israel, yang menolak memberikan komentar mengenai peristiwa itu sesuai dengan kebijakannya. ant/AFP

Posted on March 24, 2010, in Berita Terbaru, Luar Negeri, politik and tagged , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: