RUU Reformasi Kesehatan Obama Lolos

Obama dan Staf Gedung Putih Sambut Kelolosan RUU Kesehatan.

WASHINGTON–Akhirnya pemerintahan Obama berhasil mengegolkan Undang-Undang Jaminan Kesehatan setelah menang dalam pemungutan suara di Kongres pada Ahad (21/3) waktu Washington DC. RUU itu pun otomatis lolos menjadi UU setelah menang tipis dalam pemungutan suara.

Senat meloloskan RUU itu dengan 219 setuju dan 212 suara menolak. Republik konsisten dengan suara bulat menyatakan menolak, dengan tambahan 34 suara dari Demokrat yang membelot dengan menolak RUU ini.

Obama menonton pemungutan suara di Ruang Roosevelt dengan Wakil Presiden Joe Biden dan sekitar 40 staf Gedung Putih. Ketika penghitungan suara menunjukkan angka 216, angka minimum yang dibutuhkan agar RUU itu lolos, ruangan itupun riuh dengan tepuk tangan. Beberapa staf bahkan terlihat berpelukan dan mengucapkan selamat.

UU ini akan menjamin sebanyak 32 juta warga AS yang belum memiliki jaminan kesehatan, serta mengatur agar perusahaan asuransi mau membayar tagihan kesehatan sebelum vonis medis. Demokrat menjanjikan dapat memotong defisit anggaran sebanyak 138 miliar dolar dalam sepuluh tahun mendatang. Aturan ini juga membuat sebanyak 95 persen individu di bawah usia 65 tahun terlindung asuransi.

Untuk pertama kalinya, yang akan dimulai 2014, warga AS akan diwajibkan membeli asuransi dan menghadapi hukuman jika mereka menolak. RUU itu akan mengatur subsidi untuk membantu keluarga dengan pendapatan hingga 88 ribu dolar per tahun untuk membayar premi asuransi.

“Kami akan bergabung dengan orang-orang yang memberikan Jaminan Sosial dan sekarang pelayanan kesehatan bagi semua orang Amerika,” ujar ketua DPR Nancy Pelosi.

Anggota Partai Republik setuju bahwa RUU akan mempengaruhi semua orang di Amerika, tetapi juga meningkatkan beban anggaran negara. Sebanyak 900 miliar dolar yang dibutuhkan untuk melaksanakan UU ini akan diperoleh dari peningkatan pajak.

Sementara diluar gedung Capitol Hill tempat berlangsungnya pemungutan suara, ratusan demonstran menyatakan menolak UU Jaminan kesehatan.

Posted on March 22, 2010, in Luar Negeri, politik and tagged , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: